Rabu, 14 Januari 2015

COATING BATU ALAM

Belakangan ini konsep hunian “back to nature” sedang menjadi favorit. Untuk mendukung konsep hunian yang naturalis tersebut, material batu alam menjadi salah satu komponen yang sangat penting bagi terciptanya suasana hunian yang indah, asri dan menyejukkan.
Selain itu, penggunaan batu alam juga akan memberikan nuansa lain, tidak hanya secara visual tetapi juga secara psikologis kepada penghuninya.

Mengingat pentingnya peran batu alam bagi terciptanya suasana hunian yang alami, maka perawatan dan perlindungan menjadi hal yang mutlak dilakukan. Batu alam yang memiliki porositas yang tinggi akan mudah menyerap air sehingga akan membuat batu menjadi lembab dan kemudian akan tumbuh lumut yang akan mengganggu tampilan indah dari batu alam itu sendiri. Selain kelembaban, akumulasi sengatan sinar matahari yang terus menerus juga akan meyebabkan batu alam menjadi kusam.

Untuk melindungi batu alam dari tumbuhnya lumut dan kusam maka batu alam perlu diberi pelapisan atau Coating , sehingga batu alam memiliki ketahanan terhadap sinar ultra violet, anti air, anti lumut dan anti jamur. Penggunaan coating akan membuat batu lebih tahan terhadap perubahan cuaca baik di dalam atau diluar ruangan.

Selain itu, penggunaan coating juga akan memberi efek decoratif pada batu alam. Batu alam akan kelihatan lebih artistik serta memberi tampilan akhir yang terkesan basah, mengkilap tanpa mengurangi kesan alami.
Ada dua jenis coating yang bisa dipilih untuk batu alam, yaitu clear coating yang membentuk lapisan film diatas permukaan batu yang menjadikannya tampak lebih indah, bersih, menonjolkan guratan batu, atau menampilkan kesan basah, dan invisible water repellent (penetrating finish) adalah coating yang tidak membuat lapisan film di atas permukaan batu, bersifat menolak air, dan membuat batu tetap terlihat alami.

Cara pengotingan

1. Bersihkan bidang yang akan di coating dari jamur, lumut, kotoran, debu dan lapisan berminyak
2. Pastikan permukaan batu telah bersih dan kering
3. Aduk coating dan pastikan telah tercampur dengan merata
4. Kuas atau semprotkan coating secara merata, untuk permukaan yang sangat berpori lakukan pelapisan   ulang.


Ada beberapa produk coating batu alam yang beredar dipasaran salah satu produk coating yang ada dipasaran adalah CP27. banyak varian dari produk CP27 untuk perawatan batu alam .
Ada Art, Art Andesit, Art Candi Black, Gloss, Gloss Andesit, Gloss Candi Black Color, Natural.

Dalam pemilihan jenis varian coating batu alam tentunya disesuaikan dengan jenis batu alam yang akan dicoating .sehingga batu alam yang dicoating selain terbebas dari jamur dan kusam juga tetap berkesan alami .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar